Skip to content

Achmad Zaini Suparta benarkah pengakuannya….?

30 Mei, 2008

Achmad Zaini Suparta mengaku memiliki kekayaan sebesar kurang lebih Rp.25.000 trilliun atau sebesar 35 kali dari APBN (ada yang menyatakan Rp.18.000 triliun atau 20 kali APBN). Sebuah pengakuan yang mengejutkan mengingat dengan jumlah tersebut Achmad Zaini Suparta bisa masuk dalam daftar Orang paling Kaya di dunia mengalahkan Warren Buffet (orang no.1 terkaya versi Forbes dengan kekayaan US$ 62 milyar atau sekitar Rp.620 Triliun). Berita tentang ini saya saksikan melalui salah satu televisi swasta. Kemudian saya mencoba mencari beritanya di media online akhirnya saya menemukannya di tempointeraktif.com. Kejadian serupa juga pernah terjadi, dimana salah seorang calon Gubernur Jawa Barat tahun 2003 waktu itu yaitu Endang Darmawan membuat pengakuan serupa bahwa Ia memiliki deposito di Bank Switzerland bernilai US$ 16,5 miliar berikut harta tidak bergerak sebesar Rp. 45 miliar.

Adanya pengakuan seperti yang diungkapkan oleh kedua orang tersebut diatas sepertinya belum dapat dibuktikan kebenarannya hingga saat ini. Apalagi Achmad Zaini Suparta tidak membeberkan dimana saja harta kekayaannya tersebut disimpan dengan alasan keamanan.

Saya pribadi tidak percaya dengan pengakuan beliau, lebih dikarenakan bahwa mustahil Ia memiliki kekayaan sebesar itu dan tidak “terendus” oleh media. Lagipula sampai saat ini namanya tidak tercantum di dalam daftar orang-orang terkaya di dunia versi majalah FORBES. Bisa saja terjadi bahwa pengakuan itu untuk menarik orang-orang atau perusahaan-perusahaan mengajukan proposal proyek/usaha. Selanjutnya kita sendiri tidak tahu bagaimana mekanisme proposal proyek/usaha itu, apakah benar setelah diseleksi akan diberi kredit modal usaha dengan sistem bagi hasil ?. Berdasarkan isi artikel tempointeraktif.com disebutkan tentang bantahan pihak Bank Indonesia (BI) atas pernyataan Achmad Zaini Suparta bahwa pihaknya (BI) pernah dikontak untuk urusan pencairan uang tersebut. PT. Jasa Marga juga sudah membantah bahwa pihaknya pernah mengajukan proposal kepada Achmad Zaini Suparta, bantahan berikutnya adalah dari Bupati Purwakarta yang mengaku tidak tahu mengenai adanya proyek yang dimaksud oleh Achmad Zaini Suparta, padahal Purwakarta termasuk yang akan mendapatkan dana dari proyek tersebut.

Pengakuan Achmad Zaini Suparta tersebut bagi saya “terlalu bombastis”, sehingga tidak selayaknya kita langsung mempercayainya. Anggap saja sebagai “hiburan” atas kenaikan BBM, yang jelas pengakuan itu tidak akan berdampak apa-apa terhadap keterpurukan bangsa Indonesia. Setelah Pupuk SAPUTRA dan BLUE ENERGY yang tidak jelas kelanjutannya, lalu BLT yang “memanjakan”, mari kita sudahi mimpi tentang Robinhood, Sinterklas, ataukah Imam Mahdi.  Persatuan, tekad yang kuat dan kerja keras adalah Sinterklas dan Imam Mahdi bagi diri kita dan bangsa ini, agar dapat segera keluar dari krisis multi dimensi.  Bagi Pemerintah supaya lebih kreatif membuka peluang usaha, memangkas birokrasi dalam mengurus ijin usaha, membantu permodalan usaha kecil dan menengah tanpa agunan, sehingga rakyat giat berusaha bukannya menunggu BLT turun.

34 Komentar leave one →
  1. arifrahmanlubis permalink
    30 Mei, 2008 2:48 pm

    salam daeng.

    pak ahmad ini harusnya di cek oleh BPK🙂

    kalau benar, makasih untuk sumbangannya.
    kalau ndak, diserahkan ke yang berwajib. proses secara hukum untuk sumbangan kebohongannya. ini kejahatan publik.

  2. 30 Mei, 2008 3:14 pm

    Wah, petugas pajak kita harusnya segera bereaksi. Kalau benar si AZS memiliki harta sebanyak itu, bayangkan saja besarnya Pajak Penghasilan yang harus dia bayar….?, bagaimana petugas pajak…?

  3. 30 Mei, 2008 3:43 pm

    hmmm….jamang lage serba susyah gene….. 😦
    yach….semogah ajah bener adanyah…. 😛

  4. 30 Mei, 2008 4:18 pm

    HOAX !

  5. 30 Mei, 2008 4:27 pm

    Pernyataan Ahmad Zaini Suparta sedang diselidiki POLDA JABAR, masyarakat sebaiknya berhati-hati.
    http://www.kompas.com/read/xml/2008/05/30/10301038/polisi.curigai.ahmad.zaini

  6. 30 Mei, 2008 7:26 pm

    ya kita lihat saja

  7. indocoolz permalink
    30 Mei, 2008 8:28 pm


    AYO LAH KITA MERAMEKAN KOMUNITAS “Axxyc.com”

    (Komunitas Indo, ngak perlu register)

  8. 30 Mei, 2008 8:32 pm

    jelas mas itu tak benar, masak sih orang kaya cara mempromosikannya pake fs. lucu kan ………. =))
    kalau dia itu benar2 kaya harusnya kan ada situs kek…….. yang dapat mempromosikan sebagai pinjaman kepada orang lain, melalui situs itu, kok pake fs, yang menjadi kebiasanya anak2 smp kalo ngenet, =)) =))
    http://www.212baca.wordpress.com

  9. 30 Mei, 2008 10:21 pm

    Kalau memang memiliki kekayaan sebanyak itu, saya bersyukur ternyata “Tuhan Adalah Pemurah” meskipun dalam hal ini Tuhan sebenarnya tidak paham matematika karena satu orang kaya disebandingkan dengan jutaan orang miskin di Indonesia. Kecurigaan utama dalam postingan ini mungkin yaitu jika kakayaan tersebut ternyata benar, apakah diperoleh melalui cara yang fair dan halal. Kalau memang halal ya…. alhamdulilah, jika tidak halal, mungkin Negeri ini membutuhkan Robocop, karena kasus Soeharto pun sampai mati tidak terungkapkan

  10. 30 Mei, 2008 10:25 pm

    Salam
    Duh kalau bener ya syukur apalagi kalau dipakai bangun negeri, kalau ndak hmm bingung deh, maunya apa toh cari sensasi seperti itu *bingung*

  11. 30 Mei, 2008 10:34 pm

    mudah2an bener adanya, saya mo ikutan minjem buat modal😆

  12. 31 Mei, 2008 8:16 am

    Kita tidak pernah kapok akan berita-berita sejenis, dulu ada yg katanya bisa jadiin rupiah kembali jadi Rp2000 per 1 US Dollar, trus ada juga yg ngaku menyimpan dana revolusi yg jumlahnya selangit?… Ada yang menggali prasasti di Bogor karena diyakini mengandung harta karun?… trus Blue energy? ah terlalu banyak untuk disebutkan satu-satu..

    Tidak heran sinetron misteri laku, tidak heran perilaku pemilih (dalam pemilu) kebanyakan masih berdasarkan emosi, bukan rasio… ah itulah kita saat ini.

    Salam dari pinggiran

  13. 31 Mei, 2008 1:32 pm

    kayak isi spam yang masuk ke emailku dibawah ini :

    Complement of the season dearest one,

    I am sorry to come to you in this way,i come across your profile and my spirit lead me to chose you,well i realy needed some one honest, truthfull to share my feelings with and to share burden with and will lead me to introduce my self to you, I am Miss Vivian Nnna, 21 years old the only daugther to late Mr and Mrs Harmann Nna. a Native of Ivory Coast in West Africa.

    My father was a highly reputable business man (a cocoa merchant) who operated in Abidjan the capital city of lvory coast during his days. It is sad to say that he passed away mysteriously in France during one of his business trips abroad on 12th.August 2006.Though his sudden death was linked or rather suspected to have been master minded by one of his family member who travelled with him at that time. But God knows the truth!

    My mother died when I was just 6 years old . Since then my father took me so special. Before the death of my father on August 12 2005 in a private hospital here in Abidjan, he secretly called me on his bedside and told me that he has a sum (US$ 5,500,000 ,FIVE MILLION FIVE HUNDRED THOUSAND UNITED STATES DOLLARS) which was deposited at the suspence account in a local bank here in Abidjan,that he used my name as his only Daughter and the person who will inherit the deposit fund incase if he is no more.

    He also explained to me that it was because of this wealth that he was poisoned by one of his family members who travelled with him at that time,he told me that incase if he is no more that i should seek for a foreign patner in a country of my choice who will help me to receive the fund into his/her account and i will travell to the country and use the fund for investment purpose and also further my education there.

    The document which I have in my possession now carries my late father’s name as the depositor, while I’m the next of kin on the same document. I am just 21 years old and a university undergraduate and really don’t know what to do now. The death of my father actually brought sorrow to my life.Sir, I am in a sincere desire of your humble assistance in this regards. Your suggestions and ideas will be highly regarded.

    Now permit me to ask these few questions:-

    1. Can you honestly help me as your Sister/Daughter?
    2. Can I completely trust you?
    3. What percentage of the total amount in question will be good for you for all your assistance to me after the succesfull transfer of this fund to your account?
    4. Can you promise me that you will not betray me when this money will get to your possition?
    Please, Consider this and get back to me as soon as possible.

    please do not fail to respond with this information.

    1, your full name and adress.
    2, your telephone number.
    3, small about your self.i mean what you do in life.
    Immidiately i receve your mail with all this informationgs.I will forword to you all the neccessary documents concerning this deposit with the bank contact.

    Thanks and GOD bless you as you bring out your mind willingly to help me out from this situation,

    My best regards to you.
    yours lovely one
    Vivian Nnna.

  14. 31 Mei, 2008 4:07 pm

    mungkin ga ya rumor – rumor ga masuk akal itu cuma sebagai pengalih perhatian dari kinerja pemerintah yang lagi disoroti publik…

  15. 31 Mei, 2008 5:43 pm

    Yah, buat mengalihkan perhatian dari soal BBM kan lumayan… Bukan tanpa sengaja kok kabar itu dihembuskan…😉

  16. 31 Mei, 2008 7:13 pm

    benar, kita lihat saja hasil penyelidikannya…kalau memang benar, ya alhamdulillah…walaupun hampir mustahil sih ya…

  17. 31 Mei, 2008 7:37 pm

    Sebagai berita nggak apa apa, anggap aja hiburan. Tp saran saya jgn percaya dulu. Negeri kita ini sebagian penduduknya cara bepikir memang tak masuk akal. Pengen cepat kaya dan terkena sindrom selebritis.

  18. 31 Mei, 2008 9:09 pm

    hiburan di tengah penderitaan.

    huhu..

    orang mau populer gampang yah..
    pura2 ngaku jadi triliarder ..

    ckckc

  19. 2 Juni, 2008 1:19 pm

    Bagaikan fatamorgana ditengah padang pasir, seolah memberi kesejukan, nyatanya neraka panas tiada tara, semoga kita dapat menyingkapi semua ini dengan lebih bijaksana, sehingga tidak mudah terombang-ambing oleh pihak-pihak yang belum ‘cukup dewasa’. Ingat, sesuatu yang kt tanam akan kita panen, kita lihat aja apa yg akan dipanen si MR. Achmad ini, Wallohu a’lam

  20. 2 Juni, 2008 7:37 pm

    wahhh kaya banget ya,, apa dia g’ bayar pajak selama ini???

  21. JOEL permalink
    3 Juni, 2008 11:10 am

    Semoga Allah memberikan KEBENARAN TERHADAP SEMUA INI, KARENA HAL YANG TIDAK MASUK AKAL BAGI MANUSIA, JUSTRU KUN FA YAKUN BUAT ALLAH SWT,

    INGAT DAHULU QARUNPUN PUNYA HARTA YANG KUNCI-KUNCI GUDANGNYA SAJA DIANGKAT OLEH BEBERAPA ORANG YANG KUAT, BAYANGKAN BERAPA BANYAK HARTA SI QARUN, SETARA MUNGKIN SEKARANG INI DENGAN PENGHASILAN TRILYUN-AN,

    MENURUT SUMBER SAHIH BAHWA UANG YANG BEREDAR DI SELURUH PENJURU DUNIA INI JIKA DIBAGI RATA MAKA SETIAP MANUSIA DARI BAYI SAMPE KAKEK YANG UZUR AKAN MENDAPATKAN RP. 24 MILYARD

    JADI WAJAR SAJA, ACHMAD ZAINI SUPARTA MEMBUAT BOCORAN DIA PUNYA HARTA 20 X APBN KITA, KARENA KALAU BAGI ORANG YANG BIASA BERLIMPAH HARTA SEPERTI VERSI MAJALAN FORBES UANG SENILAI TERSEBUT, TIDAK ADA APA-APANYA …. (IBARAT 1 MILYAR SAMA NILAINYA DENGAN RP 1.000 BAGI ORANG MISKIN )….

    SEMOGA INDONESIA NGAK JADI NGUTANG LAGI KE LUAR NEGERI,

    KITA DAPAT BERSEKOLAH HINGGA AKHIR HAYAT

    MENIKMATI KELIMPAHAN BERKAH ALLAH LEWAT MAKHLUK-NYA BERNAMA “ACHMAD ZAINI SUPARTA ” AMIN

    BY JOEL

  22. 5 Juni, 2008 10:03 am

    endonesya banggets! kebanyakan bermimpi tapi minim aksi!

  23. Mazarie permalink
    10 Juni, 2008 10:09 am

    Orangnya aja ga “nongol” apalagi duitnya.. =))

  24. 25 Juni, 2008 11:24 am

    Kayanya emang iseng aja itu orang … tapi kata pengikutnya di TV kemarin “gak rugi percaya sama Zaini”🙂

  25. YogaSena permalink
    27 Juni, 2008 2:53 pm

    Bohong nya Besaaaaaaaaaaaaaaaar sekali…………………sebesar mulutnya

  26. YogaSena permalink
    27 Juni, 2008 2:55 pm

    Besar sekali bohong nya…………………….sebesar mulutnya

  27. YogaSena permalink
    27 Juni, 2008 2:57 pm

    Padahal motor aja ga punya

  28. YogaSena permalink
    27 Juni, 2008 2:58 pm

    kalo bener aku dukung dia di pilpres pemilu 2009

  29. 28 Juni, 2008 8:08 pm

    mungkin azs lagi mabuk jadi dunia berputarrr dan mimpi jadi jutawan
    tpi tak kesampaian
    bangun pak azs dah siang nich

  30. 28 Juni, 2008 8:13 pm

    kuakui harga bbm dan bahan baku pada naik, tapi aku gak se stress kamu. mendingan kita mabuk bareng. Pak mendingan anda memperiksakan diri di RSJ Sumber Waras di GROGOL, mungkin itu bisa membantu ke stresan anda. Pak AZS, ini bukan ejekan akan tetapi ini realita dan juga saran yang terbaik untuk anda agar menjadi orang yang WARAS. he he he he……

  31. 28 Juni, 2008 8:16 pm

    Pak AZS,mendingan uangnya buat beli PERKENTON sebanyak2nya, biar bapak, tiap menit bisa gonta-ganti ngete.

  32. 28 Juni, 2008 8:18 pm

    hoeeeeeeeeeeeee dan siang nich pak AZS, bangun bangun jangan kebanyakan mimpi

  33. tewe81 permalink
    9 Januari, 2010 12:43 pm

    jaman udah canggih masih ada aja yg mimpi kayak gitu… yg usahanya udah maksimal ditambah kerja plus korupsi sana sini aja gak mampu untuk dapat harta sebanyak itu. emangnya ada yach orang indonesia yg hidup dijaman penjajahan dan perang kemerdekaan udah sebegitu kaya raya nya? punya harata bermilyar-milyar?sampe bisa diwarisin ke anaknya segitu banyak?

    bangun deh udah siang…jangan mimpi terus. kalo mo gila, gila aja sendiri jangan ngajak-ngajak orang lain jadi ikutan gila.

Trackbacks

  1. Sebuah debat sengit mengenai “izin berzina” « Pacaran Islami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: