Skip to content

Resesi Global 2008

9 Oktober, 2008

Di Balai Desa, sambil ngupil Pak Soleman tetap asyik menonton berita di salah satu Stasiun TV  tentang harga saham di BEI anjlok hingga 10 % yang berakibat di suspendnya BEI, wah kalau yang ini pak Soleman benar-benar tidak mengerti.  Pak Soleman bingung, menurut berita yang ia tonton, saat ini dunia sedang menghadapi resesi global.   Tetapi dalam pandangannya kehidupan di kampungnya kok tidak nampak resesi itu ya..? .  “Apakah resesi global akan mempengaruhi harga panen singkongnya ?” gumam pak Soleman.

Apa dampak resesi global terhadap kehidupan para orang miskin, buruh, petani dan nelayan ? apakah mereka akan semakin terjepit ?, pak Soleman tidak ambil peduli, yang dia tahu para pemimpin negara yang pandai-pandai tentu sudah punya cara mengatasinya.  Yang ada dalam kepala pak Soleman adalah apa yang bisa dimakan esok hari ?, kalaupun resesi ini berkepanjangan, toh pak Soleman sudah mengalami hal itu sepanjang hidupnya sejak negeri ini merdeka ?.

Dunia mungkin sedang mencari keseimbangan baru.   Setelah runtuhnya komunis, maka dunia dikuasai oleh Kapitalis dan Neo Liberalis.  Jika resesi ini kemudian melahirkan keseimbangan baru, mungkinkah  ini adalah akhir dari idiologi Kapitalisme ?.  Semoga….

10 Komentar leave one →
  1. 11 Oktober, 2008 11:14 am

    MINAL AIDIN WAL FAIDZIN
    mohon Maaf Lahir dan Batin

  2. Alex permalink
    13 Oktober, 2008 8:51 am

    amin ya Allah.
    ini salahsatu bukti keroposnya sistem kapitalis.

    met lebaran pak Daeng (walau terlambat masih syawal) hehe

    Gendang melayu bunyinya lantang,
    Dara di hilir menari Zapin
    Ramadhan berlalu Syawalpun datang
    Mohon maaf lahir & batin

    Berharap padi dalam lesung,
    Yang ada cuma rumpun jerami,
    Harapan hati bertatap langsung,
    Hanya bermimpi dari sini.

    SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429H.
    Taqobalallahu minna waminkum wataqabbal ya karim.

  3. 13 Oktober, 2008 3:03 pm

    ngomong-ngomong soal resesi , nah aq tawarin ikutan belajar bisnis (menghasilkan uang tentunya Insya Allah) lewat internet, kalo orang lain bisa kenapa kita tidak … http://untukmoe.blogspot.com/ tulisan warna merah teratas…

  4. 14 Oktober, 2008 2:24 am

    maaf jika isi pesan berikut mengganggu aktivitas kamu.. apa kamu mau blog kamu terkenal?aku cuma mau kasih tau aja, ada sebuah situs social bookmarking yang berisi kumpulan berita-berita menarik yang paling update diseluruh indonesia,dan memang situs ini berbasis bahasa indonesia… klo nggak keberatan tolong cek situs ini yah.. semoga bermanfaat..

    >>> http://www.lintasberita.com

    coba di share aja semua tulisan km di situs itu ,mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini ,keep up the good post ok.. btw.. ever thought bout adding lintasberita’s widget?? cek disini aja yah

    >>> http://www.lintasberita.com/tools.php

    thanks…. sory klo keliatannya spamming.. but seriously… im just helping you out here

  5. 14 Oktober, 2008 9:31 am

    Jadi ingat dosen saya yang sama bingunggnya dengan dunia resesi ini …

  6. 14 Oktober, 2008 9:37 am

    semoga ya daeng..

  7. 15 Oktober, 2008 9:37 am

    maaf jika isi pesan berikut mengganggu aktivitas kamu.. apa kamu mau blog kamu terkenal?aku cuma mau kasih tau aja, ada sebuah situs social bookmarking yang berisi kumpulan berita-berita menarik yang paling update diseluruh indonesia,dan memang situs ini berbasis bahasa indonesia… klo nggak keberatan tolong cek situs ini yah.. semoga bermanfaat..

    >>> http://www.lintasberita.com

    coba di share aja semua tulisan km di situs itu ,mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini ,keep up the good post ok.. btw.. ever thought bout adding lintasberita’s widget?? cek disini aja yah

    >>> http://www.lintasberita.com/tools.php

    thanks…. sory klo keliatannya spamming.. but seriously… im just helping you out here…

  8. 29 Oktober, 2008 10:58 am

    dampak ekonomi global ?banyak orang2 sugih dan perusahaan2 bangkrut,orang miskin tambah banyak,pengangguran ber-limpah ruah; kalau pemerintah tidak cerdas mengatasinya akan terjadi ledakan sosial yang amat mengerikan.itung2annya makin jelas kok.

  9. 5 November, 2008 12:13 pm

    pengaruh resesi global sangat terasa dinegara-negara sedang berkembang khususnya negara kita ni..,! dengan mengandalkan ekspor migas atau nonmigas,kita perlu memasarkannya kepada negara-negara yang memang memerlukannya seperti negara Amerika.indonesia tercatat sebagai negara yang terbesar nomor 2 setelah jepang yang mengekspor penghasilan berupa nonmigas kepada Amerika.nah… disaat Amerika mengalami pertumbuhan ekonomi terhambat seperti sekarang ini,minat masyarakatnya untuk mengkonsumsi menjadi turun drastis,artinya perusahaan-perusahaan pengimpor di sana berhati -hati dan yang jelas mengurangi volume impornya.hal semacam ini akan berdampak negatif bagi kita yang mengekspor,dan secara otomatis perusahaan di dalam negeri juga mengurangi volume produksinya dan bisa jadi mengurangi tenaga kerja yang dipakainya selama ini.akhirnya selain pendapatan negeri ini yang berasal dari sektor nonmigas akan berkurang dan pengangguran juga menjadi semakin bertambah.

  10. 5 November, 2008 12:17 pm

    pengaruh resesi global sangat terasa dinegara-negara sedang berkembang khususnya negara kita ni..,! dengan mengandalkan ekspor migas atau nonmigas,kita perlu memasarkannya kepada negara-negara yang memang memerlukannya seperti negara Amerika.indonesia tercatat sebagai negara yang terbesar nomor 2 setelah jepang yang mengekspor penghasilan SDA yang berupa nonmigas kepada Amerika.nah… disaat Amerika mengalami pertumbuhan ekonomi terhambat seperti sekarang ini,minat masyarakatnya untuk mengkonsumsi menjadi turun drastis,artinya perusahaan-perusahaan pengimpor di sana berhati -hati dan yang jelas mengurangi volume impornya.hal semacam ini akan berdampak negatif bagi kita yang mengekspor,dan secara otomatis perusahaan di dalam negeri juga mengurangi volume produksinya dan bisa jadi mengurangi tenaga kerja yang dipakainya selama ini.akhirnya selain pendapatan negeri ini yang berasal dari sektor nonmigas akan berkurang dan pengangguran juga menjadi semakin bertambah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: