Skip to content

Rupiah….akankah selamat atau sekarat….

28 Oktober, 2008

Saya ingat ketika mensupplai barang ke PT. Caltex Pacifik Indonesia (kini PT. Chevron), belanjanya USD 22.500 (dengan kurs Rp.9.400/1 USD) lalu karena barangnya di Amerika sono jadi nunggu sekitar 2 bulan, ditambah waktu pembayaran 1 bulan setelah barang diterima jadi sekitar 3 bulan.  Saat dibayar oleh PT. CPI, nilai rupiah menguat menjadi 9.215/1 USD.  Jadi dari selisih kurs saja saya sudah rugi sekitar Rp.4.162.500,-.  Jadi memang kurs kita ini kisaran atau rangenya terlalu jauh.   Dan hampir selalu saya mengalami hal itu, dimana waktu membeli rupiahnya melemah dan waktu dibayar rupiahnya menguat….(mungkin kebetulan kali  ya…gue apes).

Sekarang rupiah sudah menembus level psikologis 10.000, akankah rupiah meluncur jatuh lebih dalam lagi….? bahkan hari ini pada penutupan sore, rupiah melemah ke level 11.500/USD.   Bagi saya sekarang ,hal ini tidak berpengaruh lagi karena saya sudah tidak supplai barang ke PT.CPI , atau ke perusahaan yang pembayarannya dalam USD (karena saya tidak menyimpan duit dalam USD).

Saya juga tidak habis pikir, bagaimana mata uang kita begitu tidak bernilai dibandingkan mata uang negara lain bahkan terhadap peso Philippina.  Padahal sumberdaya alam, cukup banyak yang kita miliki.   Mungkin kita perlu menggalang sebuah sistem ekonomi baru yang lebih adil, atau mengganti mata uang….?

Jangan sampai seperti Zimbabwe yang ekonominya anjlok akibat inflasi 2,2 juta persen.  Kabarnya harga sepotong roti di sana  Z$ 100 miliar.  Saya pernah nonton di salah satu TV swasta, bahwa sistem ekonomi dengan uang kertas pasti punya resiko inflasi.  Saya tidak bisa bayangkan, jika negara ini jatuh miskin seperti Zimbabwe……..semoga saja tidak.

3 Komentar leave one →
  1. 29 Oktober, 2008 7:07 pm

    Mungkin karena fundamental ekonomi negara kita ini lemah Daeng…
    *ngitung dolar di domfet*
    *nunggu samfe 30.000/1 USD*

  2. 1 November, 2008 10:26 pm

    saingannya berat banget neh…. ntuk bertahan aja susah apalagi mo naikkan diri huh *pulang kampung aja dah *

  3. 21 November, 2008 8:29 am

    This is my blog .. how to get high page ranks.. pls tel some tips..
    (or)
    Wat are the corrections should i do in my blogs pls do reply

    http://foreign-exchange-ideas.blogspot.com
    Thank u in advance🙂

Tinggalkan Balasan

