Skip to content

ISLANDIA : Negeri Es Itu Meleleh

25 Desember, 2014

Islandia, tahun 2007 menempati urutan pertama di dunia dalam kategori Human Development Index – Indeks Pembangunan Manusia-versi PBB.  Warganya paling makmur di planet bumi, dilihat dari semua indikator ekonomi yang ada.  Tingkat pengangguran sekitar 0,5 % dari total penduduk.  Kaya, merata, sehat, berkebudayaan, berpendidikan dan canggih.  Singkatnya, surga dunia.  Majalah Forbes pernah menyebut Islandia melahirkan 488 miliuner baru di muka bumi sampai 2005.
Senin, 6 Oktober 2008, wajah PM Islandia Geir Haarde muncul di televisi-televisi lokal mengumumkan negara dalam kondisi darurat, di ambang kebangkrutan.  Pemerintah menanggung hutang enam kali dari PDB.
Sejak saat itu, trotoar Jalan Laugavegur lengang, padahal ini akhir pekan.  Laugavegur adalah satu potret hedonisme masyarakat Islandia.  Siang hari, jalanan itu ramai karena menjadi pusat perbelanjaan, mal, toko pakaian, pernak-pernik, dan restoran, mulai pertengahan 2008 pengunjung tempat-tempat itu semakin sepi, karena harga-harga barang melonjak hingga lebih 100%.  Bar-bar tetap sepi pengunjung meski telah menambah jam buka.  Keramaian berpindah ke kantor cabang bank-bank di seluruh sepuluh kota besar dan pelosok negeri Islandia.

(Sumber : Buku TSUNAMI FINANSIAL, penulis Muhammad Ma’ruf)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: